SMPN 1 Cilimus Tampil Memukau Di Acara Karnaval Budaya West Java Festival 2023


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Cilimus Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan ikuti iring-iringan Karnaval Budaya West Java Festival 2023 yang digelar pada Sabtu-Minggu (2-3 September 2023) di Bandung.

Iring-iringan karnaval yang diikuti oleh beberapa perwakilan dari 27 kabupaten/kota tersebut nyatanya menyedot animo masyarakat Jawa Barat.

"Alhamdulillah SMPN 1 Cilimus bisa ikut andil dalam festival budaya West Java 2023 di Bandung, dan kita mewakili Kabupaten Kuningan bersama SMP Yos Sudarso yang ikut mementaskan tarian tonggeret dan diiringi musik angklung dari pihak SMP Yos Sudarso, dan ini suatu kebanggan bagi pihak kami karena kita ditunjuk oleh pihak pemerintah daerah untuk mewakil Kabupaten Kuningan dalam hal pentas seni kebudayaan," ucap Ida Nurhaeda M.Pd selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Cilimus saat di wawancarai jabarcenna.com Rabu, (6/9/2023) diruang kerjanya.


Ada 34 siswa-siswi yang ikut tampil dalam karnaval tersebut, Alhamdulillah masyarakat yang hadir untuk melihat iring-iringan karnaval West Java 2023 sangat terlihat terhibur dan memukau saat melihat penampilan dari anak-anak SMPN 1 Cilimus.

Ini merupakan kesempatan yang luar biasa sekali termasuk kesempatan yang langka, karena kami ditunjuk oleh pihak dinas pendidikan kabupaten kuningan untuk ikut andil dalam festival budaya West Java tersebut, ujar Ida

Sebelumnya, kami berupaya dari sejak pertama latihan sampai tampilnya anak-anak kemarin menjadi kebanggaan kita bersama. Karena sebelumnya kita berusaha untuk bisa tampil maksimal sehingga siswa-siswi di gembleng harus mempunyai kekuatan lahir dan batin dan bisa menunjukan akhlak yang bagus sehingga dimata masyarakat yang melihat penampilan anak-anak kita dapat memiliki nilai plus dari segalanya karena kita mewakili kabupaten kuningan.


Kemudian, dengan adanya kegiatan kemarin ternyata mempunyai dampak positif bagi anak-anak, mereka dapat mendapatkan pengalaman yang belum tentu bisa terulang dalam seumur hidup sekali karena bisa tampil di tingkat provinsi. Orang tua juga sangat bangga antusias dan mengucapkan terimakasih sekolah telah memberikan kesempatan kepada putra putrinya bisa ikut tingkat provinsi dan diberikan pengalaman yang sangat berharga. Dan harapan kami kedepannya semoga SMPN 1 Cilimus bisa mendapatkan kesempatan lagi untuk bisa tampil di tingkat provinsi. Karena ini bagian dari action siswa dan penghargaan sekolah terhadap anak-anak yang memiliki bakat di bidang seni. Demikian dikatakan Ida Nurhaeda M.Pd (Angga/Iwan)