Kadeudeuh Bagi Atlet Prestasi Motivasi Buat Atlet di Porda XV


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Kuningan kepada atlet berprestasi mendapatkan apresiasi dari Ketua Umum KONI Kab. Kuningan, M. RIdho Suganda. Kendati diakui dirinya Pemkab tengah mengalami kesulitan keuangan. Namun anggaran KONI yang sudah diprogramkan tetap diturunkan tepat waktu. Sehingga atlet pun turut bahagia.

Hubungan sinergi antara Pemkab Kuningan dengan KONI diharapkan tidak berhenti di sini. Sebab keberlangsungan pembinaan atlet dari 23 cabang olahraga (Cabor) terus beranjut. Hal ini membutuhkan dukungan serius dari pemerintah. Apalagi tahun depan, KONI harus sudah bersiap untuk mengikuti Babak Kualifikasi (BK) Porda ke XV di Bogor.

“Ahamdulillah atlet atletik binaan Pengcab PASI tetap mengokohkan dirinya di tingkat nasional dan internasional. Hal ini harus dibina secara berkesinambungan. Bahkan regenerasinya harus berjalan apabila melihat faktor usia. Tanpa regenerasi yang mulus, kemungkinan kita akan menghadapi kesulitan di Porda mendatang,” tutur RIdho.

Mudah-mudahan, sambung Ridho, kedepannya akan bermunculan atlet yang mampu berprestasi dari Cabor lainnya. Cabor yang ada merupakan asset Kabupaten Kuningan seperti atletik, binaraga, panjat tebing, catur, renang, wushu, berkuda, sepakbola, angkat berat. Pembinaan terus berjalan sehingga menghasilkan bibit unggul.

“Saat ini, kita sedang fokus pada pembinaan atlet lokal. Diusahakan jangan membeli lagi atlet dari luar. Toh atlet lokal cukup mumpuni seperti atletik jika dibina dengan baik. kalau kita beli atlet terus lalu kapan anak-anak Kuningan berprestasi? Sudah saat kita memberdayaakan potensi yang ada jangan bermimpi dari atlet luar,” tegasnya.

Di tempat sama, Pj Bupati Kuningan R. Iip Hidajat, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Kadeudeuh untuk atlet yang telah berjuang di PON XXI Aceh – Sumatera Utara Tahun 2024 dan meraih medali. Sudah selayaknya mendapatkan pembinaan berupa bonus atau kadeudeuh. Meski ada keterbatasan dalam jumlah yang diterima.

“Kkami merasa bangga dan bahagia berada di tengah-tengah para pahlawan olahraga yang saat ini telah menyumbangkan raihan prestasi 5 medali emas, 4 medali perak dan 6 medali perunggu untuk provinsi jawa barat. hal ini tentunya mengharumkan nama kabupaten kuningan dan Jawa Barat pada level nasional,” ucapnya.

Dirinya berharap, masih kata IIp, KONI Kabupaten Kuningan dapat melakukan upaya pembinaan lanjutan. Sebab tahun depan sudah harus mengikuti Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XV di Bogor. Mulai dari sekarang, harus melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) supaya atlet yang diterjunkan memperoleh medali yang diharapkan.

“Sekarang atlet atletik berprestasi dengan baik. Besok lusa harus lebih baik lagi dan meraih medali di event lebih tinggi. Semua pengurus KONI dan Cabor harus kerja keras dan persiapkan tim dengan matang. Jangan asal-asalan,” pungkasnya. (Dedi J)***