September 2024 | JABARCENNA.COM


KUNINGAN | JABARCENNA.COM.– Bakal Pasangan Calon Bupati Wakil Bupati Kuningan Periode 2024 - 2029, HM. Ridho Suganda dan H. Kamdan (Ridhokan) memiliki greget untuk memajukan Kuningan melalui tagline nya JEMBAR.

"Jembar" dalam bahasa Sunda berarti berlimpah atau kaya, dan juga merupakan singkatan dari “Jadi EMas Jawa BARat.” Visi ini mencerminkan tekad pasangan H. M. Ridho Suganda dan H. Kamdan untuk menjadikan Kabupaten Kuningan sebagai contoh unggul di Jawa Barat. Pasangan ini berkomitmen untuk mewujudkan Kuningan sebagai pusat perkembangan yang cemerlang dan berdaya saing tinggi.

Juru Bicara pasangan Ridhokan Imam M. Agung Fauzy, memaparkan, Ridhokan memiliki visi misi, diantaranya, Menata dan Memperkuat Kemampuan Fisik Daerah. Memperkuat dan menata anggaran daerah (APBD) untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas layanan publik.

Lalu Percepatan Reformasi Birokrasi_. Menerapkan reformasi birokrasi yang berintegritas dan amanah, dengan pemanfaatan teknologi untuk pelayanan yang lebih baik dan efektif bagi masyarakat.

Membangun Kehidupan Sosial Ekonomi Berkualitas_. Fokus pada peningkatan mutu kesehatan dan pendidikan serta meningkatkan produktivitas ekonomi rakyat untuk menciptakan kehidupan sosial ekonomi yang berkualitas tinggi.

Peningkatan Produktivitas Berbasis Agropolitan dan Pariwisata Alam_. Mengoptimalkan potensi agropolitan dan pariwisata alam untuk meningkatkan produktivitas daerah serta menarik investasi yang mendukung pertumbuhan ekonomi.

Mencapai 10 Besar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Barat_. Mewujudkan target untuk masuk dalam 10 besar IPM di Jawa Barat, dengan upaya nyata untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Kuningan.

"Kami siap berkomitmen untuk menjadikan Kuningan sebagai daerah yang tidak hanya berkembang tetapi juga menjadi kebanggaan Provinsi Jawa Barat. Bersama Ridhokan, Kami yakin membawa visi JEMBAR 2028 sebagai panduan kami untuk mewujudkan Kuningan yang lebih baik,” ujarnya, Jumat (13/4/2024).

Sedangkan visi Ridhokan adalah transformasi Kuningan menjadi kawasan yang berlimpah dengan peluang dan kemajuan, demikian lanjutnya. Ia percaya bahwa dengan kerja keras dan kolaborasi yang solid antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, dapat mencapai semua target ambisius ini.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat Kuningan untuk bergabung dalam perjalanan menuju masa depan yang lebih gemilang. Karena kami percaya bahwa partisipasi aktif masyarakat adalah kunci untuk mencapai visi JEMBAR 2028 dan mewujudkan Kuningan sebagai “emas-nya” Jawa Barat,” pungkasnya.
(Dedi J) ***


KUNINGAN| JABARCENNA.COM,- Puluhan Ketua Kelompok Peternak (Poktan) Sapi perah yang tersebar dibeberapa desa di Kecamatan Cigugur yang tergabung dalam Koperasi Produsen Susu Karya Nugraja Jaya (KPSKNJ) Cipari melaksanakan pertemuan dengan calon Bupati Kuningan Periode 2024-2029 M. RIdho Suganda yang berpasangan dengan H. Kamdan.

Iding Karnadi, S.Pd., Ketua KPSKNJ Cipari dalam pertemuan itu menyebutkan bahwa pihaknya sudah melaksanakan kerja maksimal dalam pengelolaan peternakan yang ada di bawah binaannya. Seperti pembuatan ipal komunal maupun ipal perorangan yang diperuntukan untuk mengelola kotoran hewan (Kohe) menjadi biogas atau pupuk organik.

Guna melaksanakan pengembangan peternak sapi perah sekarang mengalami kesulitan dikarenakan beberapa hal. Diantaranya serangan penyakit mulut dan kuku (PMK) beberapa waktu silam mempengaruhi produksi susu yang dihasilkan peternak. Dampak lainnya jumlah sapi berkurang signifikan.

“Sementara pengadaan sapi terlalu mahal mencapai 50 juta perekor. Tentu ini memberartkan perlu ada solusi efektif meskipun dilaksanakan dengan pembelian tunai maupun kredit dari perbank-kan,” tuturnya.

Selain itu sambungnya, persoalan Kohe dari peternak yang volumenya cukup signifikan tidak bisa diangkut dari kandang ke tempat pembataran di lahan 4.000 M2 hasil sewa dari Pemkab Kuningan. Dikarenakan kendaraan pengangkut yang dulu diberi pinjam pakai sudah diambil lagi oleh Pemkab.

“Ini juga perlu solusi yang baik agar peternak lebih nyaman,” pungkasnya.

M. RIdho Suganda menanggapi aspirasi dari pelaku usaha peternakan mengungkapkan. Prinsip dasar dalam berusaha itu adanya kenyamanan yang diberikan oleh pemimpin daerah. Dengan segala kebijakan yang dapat mempermudah kegiatan pelaku usaha.

“Perlu digarisbawahi, kenyamanan di sini bukan berarti ketika presidennya dari partai A maka ke bawahnya harus partai A. tidak. Pemimpin daerah tidak ada kaitannya dengan presiden yang berasal dari partai A. Sebab pemerintah pusat dan daerah siapapun yang memimpin harus sinergi. Kepala daerah harus melaksanakan program pemerintah pusat,” tegasnya.

Ridho pun memberikan contoh, “Program pemerintah pusat ke depan memberikan makan siang gratis, mungkin susu gratis, mungkin ikan gratis. Kalau Allah berkenan Kab. Kuningan dipimpin oleh kader PDIP, apakah akan menghilangkan program itu karena tidak separtai? Jawabannya tidak. Kabupaten Kuningan juga harus melaksanakan program itu.”

Sambungnya, “Jadi siapapun yang berbicara kalau presidennya dari partai A maka ke bawahnya harus partai A juga. Itu tidak nyambung bisa dikatakan sebuah bentuk pembodohan kepada masyarakat. Sekali lagi saya tegaskan, program pusat harus dijalankan oleh pimpinan daerah, meski pemenangnya bukan partai presiden,” pungkasnya. (Tim Red)


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Sejumlah warga Kecamatan Cigandamekar mengikuti senam bersama Hj. Yoana Wulansarie, dan siap sukseskan pasangan Calon Bupati Wakil Bupati Kuningan Periode 2024-2029 'Ridhokan' (Ridho - Kamdan).

Perempuan yang tergabung dari tiga desa, yaitu Desa Jambugeulis, Bunigeulis, dan Koreak tersebut menamakan diri 'Yoan Lovers', dan merasa bangga ketika dikunjungi Ketua Persatuan Wanita Olahraga Indonesia (Perwosi) Kuningan tersebut.

"Saya senang sekali dikunjungi Ibu Yoan. Saya sering mendengar namanya, dan tahu kalau itu adalah isterinya Pak Wabup Edo. Tapi baru ketemu sekarang, ternyata masih sangat muda. Mudah-mudahan tidak bosan untuk bersilaturahmi ke desa kami, " ujar Iis, salah seorang warga yang juga Koordinator senam itu.

Selain senam bersama, warga pun menyatakan siap mensukseskan pasangan cabup cawabup Ridho - Kamdan dalam pemilihan 27 November 2024 nanti. Pasalnya, selain masih muda, energik, ramah, visi misi untuk merubah Kuningan lebih maju nya rasional.

Para perempuan yang masih nampak sangat muda itu pun kelihatan lebih antusias bersenam, ketika isteri calon bupati Ridho itu memberikan beberapa doorprize, dan disambut gembira oleh mereka.

Selain di Kecamatan Cigandamekar, pertemuan dengan sejumlah komunitas senam dan PAC Perwosi pun terus terjalin akrab sampai sekarang, dan ia berharap jalinan silaturahmi dan mensukseskan Ridho kan dalam Pilkada November nanti, benar-benar dibuktikan nanti di bilik suara. (Tim Red)




KUNINGAN| JABARCENNA.COM,-  
Pj Bupati Kuningan Raden Iip Hidayat, mengajak seluruh Anggota Dewan Kabupaten Kuningan yang baru, periode 2024-2029 untuk berkolaborasi dalam membangun daerah agar dapat semakin maju.

"Mari kita sama-sama melaksanakan tugas sesuai dengan fungsinya, tanggung jawabnya. Yang paling penting adalah bagaimana kebermanfaatan bagi rakyat Kuningan, karena itulah yang diharapkan oleh mereka,” Ucap Iip saat memberikan sambutan pada pelantikan 50 Anggota Dewan periode 2024-2029 di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kuningan. Senin (9/9/2024).

Iip menekankan pentingnya kolaborasi antara DPRD dan pemerintah daerah agar proses legislasi dan kebijakan daerah bisa berjalan dengan baik. “Jadi nanti kerjasama, kolaborasi harus dijalankan. Karena yang sering berinteraksi dengan pemerintah daerah dalam urusan aturan adalah legislatif,” tambahnya.

Selain itu, Iip juga menyampaikan harapannya terkait tantangan yang akan dihadapi dalam waktu dekat, termasuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang. “Saya juga berharap bahwa pelaksanaan ke depan, apalagi sebentar lagi ada Pilkada, itu menjadi PR pertama. Bagaimana kita mensukseskan Pilkada nanti,” ujarnya.

Iip berharap adanya harmonisasi dalam aktivitas bersama antara DPRD dan pemerintah daerah untuk mewujudkan apa yang diinginkan oleh rakyat. “Ke depannya harus ada aktivitas bersama yang terus harmonis, sehingga apa yang diharapkan oleh rakyat Kuningan bisa terwujud.”

Lebih lanjut, Iip mengingatkan pentingnya peran DPRD dalam pemerintahan daerah, yang meski berasal dari partai politik, tetap berada dalam pengawasan lembaga hukum seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “DPRD merupakan bagian integral dari Pemkab Kuningan, namun tetap diawasi oleh KPK dan BPK. Kami berharap para anggota DPRD yang baru dapat bekerja dengan jujur, transparan, dan maksimal untuk kepentingan masyarakat Kuningan,” tegasnya. (Angga)

KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Dalam rangka Hari Jadi Desa ManisKidul Kec. Jalaksana Kab. Kuningan Ke-239 (1785-2024), Pemerintahan Desa ManisKidul gelar Rapat Paripurna Istimewa BPD ManisKidul yang bertempat di Aula Desa pada Kamis, 5 September 2024.

Acara yang dihadiri oleh Forkopimcam, Para Kepala Desa se-Kecamatan Jalaksana, BPD, LPM, Karangtaruna, Tokoh Masyarakat dan Perwakilan dari Yayasan Khusnul Khatimah,

Kepala Desa ManisKidul, M Sadiman, mengatakan dalam sambutannya, adanya kegiatan Milangkala atau Hari dilahirkannya Desa ManisKidul ke-239 ini, Alhamdulillah atas Ridho dari Allah SWT sebagaimana kita masih dipertemukan untuk bersama-sama memperingati hari jadi desa Maniskidul. "Mudah-mudahan semua apa yang kita harapkan bisa terwujud dan saya ucapkan juga kepada masyarakat desa sebagaimana bentuk dorongan dan dukungan serta support dan kegiatan ini bisa berjalan walaupun digelar secara sederhana" ucapnya.

Saya ucapkan terimakasih juga kepada semua jajaran pemerintahan desa, RT RW dan masyarakat serta yang lainnya, sehingga dengan acara ini bisa terciptakan dan terlaksana. "Saya ucapkan selamat Milangkala Desa Maniskidul semoga sehat, berkah selalu warganya serta cita-cita yang kita harapkan bisa terwujud. Dan saya ucapkan mohon maaf juga pada acara ini saya tidak bisa hadir mengingat situasi dan kondisi yang sedang tidak baik. Oleh karena itu saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya, terimakasih" ucap kades Sadiman


Sementara, Camat Jalaksana, Bagja Gumelar dalam sambutannya mengungkapkan, Pemerintahan Desa Maniskidul untuk menjaga kelestarian dan anugerah dari apa yang ada di Desa Maniskidul ini baik dari adanya sumber mata air yang ada serta bisa mengemban amanah untuk para perangkatnya sehingga bisa mengemban tugas yang harus diperjuangkan. "Insyaallah saya selalu mendukung dengan upaya yang dilakukan oleh Desa Maniskidul, dan Desa Maniskidul menjadi pelopor dari desa lain. Dan tentu dengan peluang besar yang ada di desa ini bisa menciptakan sumber daya manusia ataupun sumber daya alamnya menjadi keberkahan bagi kita semua." Ucapnya


Lanjutnya, dengan Milangkala yang ke-239 Desa Maniskidul ini adalah menjadi bagian waktu yang bukan singkat. Dengan umur 239 ini menjadikan pengalaman bagi kita semua yang sangat berharga dan terutama bagi pemerintahannya agar bisa terus bisa memberikan yang terbaik atau prestasi bagi kita semua terutama di tingkat Kabupaten serta tingkat yang lebih tinggi lagi. Pungkasnya Bagja

Sebelumnya dalam gelaran Rapat Paripurna BPD ManisKidul dalam rangka Hari Jadi Desa ManisKidul Kec.Jalaksana Kab.Kuningan Ke-239 (1785-2024) tersebut pihak panitia memberikan informasi seputar sejarah Desa Maniskidul melalui dokumentasi video serta adanya pemberian santunan kepada 48 orang anak yatim yang ada di Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan.

./Iwan
Diberdayakan oleh Blogger.