Desa Manislor Masih Butuh 20 Titik PJU, Dari Program Kuningan Caang


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Desa Manislor Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan, mendapatkan bantuan program Kuningan Caang sebanyak 30 titik PJU dari pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan. Sedangkan peruntukkannya mencakup jalan Wisaprana Desa Manislor sampai batas Desa Peusing, serta sebagian kita arahkan menuju jalan lingkungan pemukiman yang dianggap rawan penerangan PJU. Serta jalan menuju pondok pesantren Al-Muttaqien, ini menurut keterangan Sekretaris Desa Manislor, Didin Junaedin.

Masih ujar sekdes, desa kami juga pernah mendapatkan bantuan dari Dinas Perhubungan kurang lebih sebanyak 10 titik PJU. Dengan adanya program Kuningan Caang, Alhamdulillah kami pemerintahan desa beserta jajaran serta masyarakat penerima manfaat PJU merasa bersyukur karena halaman rumah serta lingkungan saat ini terang benderang sehingga aman dan nyaman dari yang dahulu dianggap rawan musibah, seperti halnya sering terjadi pencurian di malam hari sekarang sudah terasa lebih aman.


Lanjut sekdes, ketika ditanya kendala apa saja yang pernah dialami oleh masyarakat penerima program Kuningan Caang sejak tahun 2023 sampai dengan sekarang tahun 2024, ada sih masalah, cuma ringan, seperti titik lampu PJU padam dan redup tapi Alhamdulillah dengan adanya laporan dari masyarakat kami ke pihak desa dan kami pun langsung cek lokasi dan selanjutnya kita tindak lanjuti dengan mengajukan surat permohonan perbaikan, mengenai biaya dalam proses pemasangan PJU sama sekali pihak desa tidak dipungut biaya sepeserpun.

Lalu Didin mengatakan, harapan kami jajaran pemerintahan desa kepada pemerintah daerah Kuningan melalui Dinas Perhubungan agar dapat merealisasikan permohonan bantuan kembali program Kuningan Caang karena masih banyak jalur-jalur strategis, yang rawan penerangan atau masih gelap, misalnya tempat pemakaman umum (TPU), area pos siskamling dan masih banyak fasilitas umum lainnya, yang belum tersentuh oleh PJU, iya kalau kita hitung-hitung mungkin kurang lebih sekitar 20 titik PJU lagi.

Sangat disesalkan ketika kami berkunjung ke kantor kecamatan, camat jalaksana susah ditemui, di telpon melalui telpon selulernya berdering tapi tidak diangkat, di chat melalui whatsapp juga tidak dibalas padahal kami hanya ingin mengkonfirmasi data di wilayah Kecamatan Jalaksana per-desa, ada berapa jumlah desa yang mendapatkan program Kuningan Caang di kecamatan tersebut. Kami hanya ingin mengetahui terkait program ini apa ada masalah atau kendala tidak di kecamatan terkait, karena kami berharap tidak ada masalah apapun dalam pelaksanaan programnya. (Dedi J)