Melalui Karang Taruna, Milangka Ke-43 Kelurahan Cigintung Warga Adakan Acara Babarit


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Sekretaris Kabupaten Kuningan Dr Dian Rahmat Yanuar Msi hadiri undangan acara Babarit milangka ke 43 Kelurahan Cigintung Kecamatan Kuningan Sabtu (14 /07 /24).

Kegiatan yang di laksanakan di lapangan volly ball kelurahan dengan dipenuhi beberapa rangkaian acara mulai dari pawai rakyat yang bermula dari Masjid abu bakar Sidik menuju lapang Volly, Kemudian ada lengser, kawin cai dan lain lain.

Acara tersebut selain di hadiri sekda Dian Rahmat Yanuar turut hadir Camat Kuningan, Babinsa, lurah Cigintung , alim ulama , tokoh masyarakat serta Karang taruna.

Dian Rahmat Yanuar mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kerjasama pemuda khususnya karang taruna dengan pemerintah dalam mengadakan acara ini untuk mengingat sejarah yang harus di ketahui serta di pahami terutama untuk generasi muda.

" Baru pertama kali acara Babarit di dilaksanakan kelurahan Cigintung, biasanya acara ini di adakan di desa, ini suatu kerjasama yang baik antara pemerintah dengan elemen masyarakat terutama kaum muda, Babarit mengandung makna rasa sukur dan menjadi sebuah renungan untuk dipahami agar terus bersyukur atas rezeki yang berkah dari Allah SWT dan ini harus dipertahankan " ujar Sekda Dian.

Dalam sambutan, Dian juga menyampaikan bahwa aspirasi masyarakat Cigintung untuk mempertahankan sumber mata air Ciambit telah dipenuhi yaitu dengan menyerahkan pengelolaan lahan ( aset Pemda ) yang merupakan sumber mata air agar dikelola dengan baik dan kedepannya bisa menjadi kawasan hutan kota, Sekda juga berjanji akan membebaskan dua lahan lagi yang menjadi sumber mata air yaitu menjadi aset pemerintahan yang juga kedepannya akan di kelola oleh masyarakat untuk kebutuhan air masyarakat.

Ketua Karang taruna Kelurahan Cigintung Totong Susanto menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah atas pemenuhan keinginan masyarakat Cigintung dalam pengadaan lahan sebagai sumber mata air .

Totong berharap bahwa kegiatan Babarit dapat dilaksanakan tiap tahun dan terus bersinergi dengan pemerintah kelurahan.

Senada dengan itu, ketua panitia pelaksana kegiatan, Adianto, dirinya meminta kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat sumber mata air terutama kebersihan lingkungan. (Wn)