Kades Sindangsuka Luragung Paparkan Kerjasama Dengan PT Patriot Bangun Karya


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Kepala Desa Sindangsuka Luragung Kabupaten Kuningan Jawa Barat, E Warsadiatmaja, menyampaikan paparan terkait kerjasama antara pemerintah desa setempat dengan pihak PT. Patriot Bangun Karya yang sedang melakukan aktivitas penambangan pasir di wilayahnya.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Desa Sindangsuka, saat dikonfirmasi media ini dikediamannya, Selasa (16/07/2024).

Menurutnya, kerjasama yang dibangun pihak pemerintah desa dengan perusahaan dimaksud, pada awalnya lebih kepada bentuk pelayanan institusinya, dalam memfasilitasi siapapun atau pihak manapun yang memiliki tujuan berinvestasi di wilayahnya dan dinilai mempunyai dampak positif yang bisa memberi manfaat terhadap desa serta masyarakat.

"PT Patriot Bangun Karya dari awal sudah melakukan komunikasi dan koordinasi kepada pihaknya (pemerintah desa-red), untuk melakukan investasi usaha di wilayah Desa Sindangsuka dalam bentuk kegiatan penambangan batuan atau pasir,"terangnya mulai bercerita.

Sehubungan kepentingan itu, pemerintah desa sambungnya, menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses yang harus dijalankan pihak swasta tersebut, dalam rangka merealisasikan rencana tersebut (kegiatan penambangan pasir-red).


"Prosesnya ditempuh pihak investor ini dan salah satunya pasti harus melalui kami di pemerintahan desa,"ungkapnya.

Ditambahkan Kades, setelah kegiatan penambangan mulai berjalan, beberapa kerjasama dengan pihak PT. Patriot Bangun Karya mulai terealisasikan.

"Diantaranya sejumlah warga Desa Sindangsuka sudah mulai ada yang bekerja pada aktivitas tambang pasir itu,"ujarnya.

Hal lain lanjutnya, pihak perusahaan tersebut (PT Patriot Bangun Karya-red), sudah menyampaikan beberapa kesediaan, sebagai bentuk kerjasama dengan pihak pemerintah desa.

"Termasuk kaitan melakukan pembayaran penyewaan tanah desa yang digunakan sebagai akses jalan ke titik area penambangan pasir,"jelasnya.

Bahkan, kompensasi terhadap lingkungan juga, yang dikenal dengan sebutan dana CSR siap dikontribusikan pihak perusahaan dalam setiap tahunnya.

"Semua kesediaan perusahaan dimaksud, menjadi sebuah bentuk kerjasama yang tentunya memberikan manfaat, baik terhadap pemerintah desa maupun untuk masyarakat,"paparnya.

Sebelum mengakhiri pembicaraan, Kepala Desa ini menegaskan, beberapa kesepakatan telah mendapatkan persetujuan dari seluruh komponen penting dalam tubuh pemerintahan desa.

"Semua ini sudah melalui musyawarah dan persetujuan, baik dengan BPD maupun organisasi kepemudaan di desa (Karang Taruna-red),"pungkasnya menjelaskan.

Terpisah, Badan Permusyawaratan Desa Sindangsuka, melalui Wakil Ketuanya, Rusadi membenarkan, jika segala bentuk kerjasama yang ditempuh pihak PT Patriot Bangun Karya dengan pemerintah desa, sudah menempuh jalur musyawarah terlebih dulu di desa.

"Kami komponen pemerintahan desa menempuh musyawarah sebelum mengambil keputusan,"ucapnya. (Iwan)