Kick Off UMKM Resmi Dibuka Langsung PJ Walikota Banjar


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Penjabat Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, S.E., S.H., M.Si., membuka Kegiatan Kick Off UMKM Naik Kelas tingkat Kota Banjar tahun 2024, bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Kantor Sekretariat Daerah Kota Banjar, Jumat (21/06/2024).

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Sosialisasi Layanan Akses Permodalan Usaha dan Layanan Transaksi Digital Banking Bagi Para Pelaku UMKM dari Bank BJB Cabang Kota Banjar yang diikuti oleh 100 pelaku Usaha Kecil Menengah Kota Banjar.

Kick Off UMKM Naik Kelas tingkat Kota Banjar dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Group Head UMKM Bank BJB Kanwil 3, Asisten Manager Unit Pelaksanaan UMKM Keuangan Imklusif dan Syariah Bank Indonesia Tasikmalaya, Sekretaris Daerah Kota Banjar, Pimpinan Bank BJB Cabang Banjar, Para Asisten Daerah, seluruh Stap Ahli, Para Kepala OPD, serta Ketua Kadin Kota Banjar.


Pj. Wali Kota Banjar menyampaikan Apresiasi dan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan salahsatu bentuk dukungan bagi pemberdayaan dan pengembangan pelaku UMKM di Kota Banjar.

"Berdasarkan data tahun 2023 tercatat 27.256 pelaku UMKM di Kota Banjar, dimana kegiatannya menyentuh hampir seluruh bidang perekonomian masyarakat. Namun demikian, perkembangan UMKM masih terbentur masalah klasik seperti keterbatasan SDM, manajemen usaha, perizinan, permodalan dan pemasaran."ungkap Pj. Wali Kota.


Pada momen tersebut, Pj. Wali Kota juga mengatakan bahwa UMKM Naik Kelas merupakan Program Unggulan dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, yang digelar di 27 Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat.

"Program ini berfokus kepada pengembangan SDM Pelaku UMKM untuk lebih berakselerasi dalam perluasan usaha melalui akses Pemasaran, akses Pembiayaan, Akses Perizinan dan teknologi dengan target potensi ekspor dan atau siap eksport. Saya berharap program ini dapat meningkatkan skala usaha dari Usaha Mikro menjadi Usaha Kecil dan dapat meningkatkan kompetensi pelaku UMKM Kota Banjar agar dapat menjual produk mereka ke Luar Negeri."pungkas Pj. Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota Banjar berkesempatan mengunjungi stand para Pelaku UMKM Kota Banjar.tm